Senin, 18 Mei 2020

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List


Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movies dari Clover Blossoms. Disini hanya list saja, aku tidak menjelaskan secara detail. Kalau ingin lebih detail-nya, beberapa sudah aku masukkan dalam tag recommended.

List ini aku buat berdasarkan pendapat pribadi aku, bahwa ini movie yang bagus dan bisa dicoba bagi yang ingin menontonnya, sebagai referensi movie^^

Sebagai catatan, aku memang menyukai movie jepang tapi bukan berarti aku menonton semua movie jepang, jadi list disini hanya sebagian kecil dari movie jepang, dan tentu saja yang pernah aku tonton hehehehe.

Latest Update: May, 2020


Bagi yang menyukai 'Romance School-Life' movie:

  • Close Range Love / Kinkyori Renai - Kisah cinta antara seorang siswa pintar tapi jelek dalam pelajaran bahasa inggris dan seorang guru bahasa inggris di sekolahnya. Aku menonton ini karena dibintangi oleh Komatsu Nana LOL.
  • Blue Spring Ride / Ao Haru Ride - kisah teman masa SMP yang bertemu kembali di SMA yang sama, tapi sang pria sikapnya sudah berubah dari saat SMP dulu. Sang gadis terus berusaha mendekatinya dan kembali mengingat perasaan cinta mereka saat SMP. Aku tertarik menonton ini karena animenya bagus, tapi Kou versi anime lebih bikin baper daripada versi movie. Tapi tentu saja Masahiro Higashide adalah alasan utama aku menyelesaikan movie ini LOL.
  • Say, I Love You / Sukitte Ii na yo - kisah cinta pria paling populer disekolah dan seorang gadis yang tidak punya teman karena dia pendiam. Ceritanya cukup cepat karena mereka berdua akhirnya pacaran dan banyak masalah baru yang muncul, termasuk rasa iri pada sang gadis. Tidak sebagus animenya, tapi lumayanlah.
  • From me to You / Kimi ni Todoke - kisah seorang gadis yang wajahnya mirip sadako dan ditakuti dikelas karena dianggap pembawa kutukan dan seorang anak laki-laki populer dikelas yang tertarik padanya. Ini movie wajib ditonton bagi penggemar romance movie dan bagi newbie dalam movie jepang hehehehhehe.
  • Orange - seorang gadis yang menemukan surat dari dirinya di masa depan, memintanya untuk mengubah nasibnya dengan menyelamatkan seorang siswa pindahan yang akan pindah ke kelas-nya hari itu. Tao dan Kento cocok banged, banged banged banged XD
  • Strobe Edge - bisa aku bilang ini tema movienya adalah mencintai pacar orang HAHAHAHHA. Karena sang gadis menyukai seorang pria yang sudah punya pacar, ia menyatakan perasaan meski ia tahu akan hal itu dan meski ia ditolak, ia tetap ingin berteman dengan pria itu dan masih mencintainya.
  • L-DK - Seorang gadis yang menantang siswa paling populer di sekolahnya, karena si pria menolak cinta temannya dengan kasar, tapi berakhir dengan kenyataan kalau mereka berdua ternyata tinggal di apartemen yang sama. Sang gadis tak sengaja membuat kekacauan di apartemen si pria dan si pria terpaksa tinggal di apartemen Aoi sampai kamarnya selesai diperbaiki.
  • We Were There / Bokura ga Ita Part 1 - Kisah cinta polos dua sejoli saat masa SMA mereka. Kisah cinta di Part 1 sangat manis, ala-ala anak SMA gitu, tapi mereka kemudian harus berpisah karena sang pria harus pergi dari desa itu. Teaser drama ini adalah alasan aku excited menantikannya, tapi movienya tidak exciting teasernya lol.
  • Wolf Girl and Black Prince - seorang gadis yang berbohong pada temannya kalau ia punya pacar dan menunjukkan sebuah foto random pada mereka, dan ternyata pria di foto itu satu sekolah dengannya dan adalah siswa populer di sekolah.
  • Senpai to Kanojo - Seorang gadis yang baru menjalani masa SMA-nya, masuk ke sebuah klub 'aneh' karena ia menyukai si senpai yang ternyata tak bisa melupakan senpai-nya yang sudah lulus.
  • Half-Way -  kisah cinta antara sepasang kekasih saat SMA dan masalah-masalah mereka, dimana sang gadis ingin masuk ke sebuah universitas di kota dan si pria tidak. Aku sebenarnya udah agak lupa ini film ceritanya gimana, sepertinya perlu nonton ulang, karena aku nonton movie ini sekitar 6 tahun lalu HAHAHAHAAH.
  • Love for Beginners - seorang gadis yang jatuh cinta pada pria populer di sekolahnya, mereka berdua punya nama yang sama. Ia gadis yang kuno dan tidak punya pengalaman pacaran sementara si pria terkenal playboy.
  • The Graduates / Lemon no Koro - kisah beberapa siswa SMA di tahun terakhir mereka. Tentang seorang gadis yang ingin memulai hubungan baru dengan seseorang yang ternyata teman mantan kekasihnya dan ia harus ke Tokyo untuk melanjutkan kuliah. Seorang gadis yang menyukai musik dan jatuh cinta pada seorang pria yang mengerti akan impiannya itu, tapi si pria sudah punya pacar.
  • My Pretend Girlfriend - seorang gadis yang menjadi pacar kedua seorang anak laki-laki populer di sekolahnya, karena si laki-laki itu sudah punya pacar. Ia tak peduli menjadi yang kedua asalkan ia bisa pacaran dengannya. Untuk merahasiakan hal itu, ia memaksa salah satu temannya untuk berpura-pura menjadi pacarnya. Movienya cukup menarik, aku menontonnya karena ada Osamu Mukai sih hehehehhehe.
  • My Love Story!! - seorang siswa SMA yang bertubuh besar seperti orang dewasa tidak percaya diri akan hubungan percintaan karena gadis yang ia suka selalu berakhir dengan menyukai sahabatnya. Ia kemudian jatuh cinta pada seorang gadis mungil setelah membantu menyelamatkan gadis itu dari pria mesum dan berjanji mendukung percintaan si gadis dengan sahabatnya.
  • Touch - seorang gadis yang berteman dengan si kembar dari tim baseball, rumah mereka berdekatan. Mereka berjanji pada sang gadis akan membawanya ke koushien. Tapi semuanya berubah setelah salah satu si kembar meninggal dunia.
  • The Black Devil and White Prince - seorang gadis yang ingin berubah dari gadis kuno ke gadis modern, pindah ke sebuah asrama saat ia memasuki dunia SMA dan menjadi budak salah seorang penghuni asrama yang merangkap menjadi ketua asrama disana.
  • Enoshima Prism - menonton ini karena Shunei Nomura dan Fukushi Sota. Menceritakan tentang 3 sahabat sejak SMA dan salah satu dari mereka meninggal dunia dan mengubah semuanya. Ia mendapat kesempatan kembali ke masa lalu untuk mengubah masa depannya dan menemukan fakta bahwa ingatan tentang dirinya akan terhapus jika ia mengubah masa lalu.
  • A Gentle Breeze at the Village - Tentang para siswa di sebuah pedesaan, dimana sekolah mereka SMA, SMP dan SD bergabung dan kalau nggak salah para siswanya hanya 5-6 orang. Hanya ada 1 siswi SMA disana, lalu seorang anak baru dari kota pindah kesana, duduk di bangku SMA. Sang gadis senang karena akhirnya dia punya teman sekelas.
  • Yell for the Blue Sky / Aozora Yell - tentang dua sejoli yang bertemu di hari pertama masuk SMA, seorang gadis pemalu dan seorang anak laki-laki dengan senyuman manis, membuat janji kalau mereka akan ke koushien bersama-sama. Sang gadis masuk ke klub brass band sekolah meski ia adalah pemula dan si anak laki-laki masuk klub base ball sekolah mereka. mereka sama -sama berjuang menggapai impian dan janji mereka, saling menyemangati satu sama lain.
  • Your Lie in April / Shigatsu Kimi no Uso - Seorang jenius piano yang tidak bisa mendengar suara painonya lagi. Suatu hari seorang gadis masuk dalam kehidupannya dan memaksanya untuk bermain piano lagi. Tapi si gadis punya banyak kebohongan, kenapa ia muncul di hadapan si anak laki-laki itu.
  • Heroine Disqualified / No Longer Heroine - seorang gadis yang merasa dirinya heroine dalam kehidupan percintaannya, ia menyukai teman masa kecilnya, tapi harus menerima kenyataan temannya pacaran dengan gadis lain dan ia menyadari kalau ia hanya pemeran pembantu. Kemudian seorang siswa populer malah datang mendekatinya dan tertarik padanya. Yang bikin seru di movie ini adalah imajinasi si tokoh utama wanita HAHHAAHA.
  • High School Debut - Tentang seorang gadis yang ingin punya pacar dan akhirnya menemukan seseorang yang bisa mengajarinya untuk mendapatkan pacar, dengan syarat jangan jatuh cinta padanya. Tentu saja kalian tahu akhirnya bagaimana hahahhahahah.
  • Silver Spoon - sebenarnya ini nggak banyak romancenya, tapi mengambil latar belakang sekolah dan uniknya, ini tentang sekolah pertanian. Idenya bagus. 
  • One Week Friend -  seorang gadis yang ingatannya hanya bertahan 1 minggu dan seorang anak laki-laki yang ingin berteman dengannya. Disini Yamaken jadi anak kalem yang nggak populer tapi bikin baper. Chemistrynya sama Haruna Kawaguchi lumayan, sayang endingnya friendzone HAHAHAHA
  • ReLIFE - seorang pria 27 tahun diberi kesempatan untuk mengulang kehidupan SMA-nya dan ia menjadi anak SMA 17 tahun, menemukan teman baru dan jatuh cinta. Sebuah kisah tentang masa muda.
  • Hirunaka no Ryuusei / Daytime Shooting Star - kisah seorang gadis desa yang pindah ke Tokyo, ia jatuh cinta pada guru yang merupakan teman pamannya, tapi sang guru menolaknya dan ia menemukan cinta-nya yang baru, teman sekelasnya yang duduk disampingnya, yang sangat pemalu kalau didekat wanita.
  • Peach Girl - seorang gadis yang kulitnya lebih gelap dari anak perempuan lainnya dan ia tidak mempunyai teman karena rumor buruk tentang dirinya yang merupakan playgirl. Ia menyukai temannya sejak SMP dan seorang anak laki-laki lebay mendekatinya.
  • Sensei! -  Kisah cinta guru dan murid. Menurutku nothing special ya, tapi karena yang main Suzu dan Ikuta Toma jadi layak ditonton HAHAHAHHA.
  • L-DK -  Ini adalah movie L-DK versi terbaru yang menurutku lebih bagus dari versi Yamaken *maafkeun Yamaken*
  • Haru Matsu Bokura - Ini kisah cintanya nggak lebay menurutku, lebih ke arah persahabatannya dimana banyak cowok disekitaran cewek biasa-biasa aja. Tapi masa sih Tsuchiya Tao biasa aja? HAHAHAHAHA.
  • Tonari no Kaibutsu-kun - Yang suka animenya, coba deh nonton live actionnya dijamin nggak akan menyesal. Suda Masaki cocok banged jadi Haru, pas banged. Isi ceritanya juga dirangkum dengan baik, cuma endingnya agak lebay HHAHAAHAH.
  • Honey - Aku sangat menyukai manganya, jadi pas ada live actionnya agak gimana gitu, tapi ternyata bagus bangeeeeed. Ini adalah cerita cowok yang terkenal nakal di sekolah dan cewek pemalu. Begitu jatuh cinta, cowok nakal ini serius banged.
  • Miseinen Dakedo Kodomo Janai - Yang suka movie ala princess + prince, tonton aja movie ini, dijamin suka. Cewek kaya yang jatuh hati sama pria paling hot di sekolahya, tapi pria ini mau menikah dengan cewek itu cuma karena uang.
  • Anitomo - Kisah cinta akward antara seorang gadis dan teman kakak laki-lakinya. Saking awkwardnya, pegangan tangan aja butuh waktu lama. Tapi mereka saling cinta sih, cuma butuh membiasakan diri aja wkkwkwkw.


Bagi yang menyukai 'Drama-Romance' movie:

  • We Were There / Bokura ga Ita Part 2 - lanjutan dari part 1 dimana mereka menjalani hubungan jarak jauh tapi tidak berjalan lancar dan akhirnya berpisah. Tapi rasa cinta itu masih ada dan mempersatukan mereka kembali.
  • Hanamizuki - kisah cinta dua sejoli saat SMA, dimana sang gadis punya impian suatu saat nanti ingin keluar dari desanya dan masuk ke sebuah universitas. Sementara itu sang pria tidak terlalu pintar dan ia ingin meneruskan bisnis nelayan ayahnya. Pada akhirnya keduanya berpacaran dan menjalani hubungan jarak jauh
  • I Just Wanna Hug You / Dakishimetai - kisah cinta antara seorang gadis cacat tapi punya semangat yang tinggi dan seorang supir taksi. Kisah cinta mereka sederhana tapi menuju jalan yang serius sampai akhirnya keduanya menikah. Aku suka lead female-nya, meski ia cacat tapi ia selalu percaya diri dan tidak lemah.
  • Evergreen Love - kisah tentang seorang gadis yang hidup sendiri dan menampung seorang pria yang baru ia kenal dan tidak punya rumah. Si pria menyukai tanaman dan pandai memasak. Karena sang gadis memintanya tinggal di rumahnya, si pria setuju, tapi hanya 6 bulan saja. Movie yang secara mengejutkan sangat aku sukai, ceritanya mengalir dan makanannya itu lho, bikin lapeeeer.
  • Su-ki-da / Dear Blue - tentang seorang gadis yang menyukai seorang anak laki-laki satu sekolah dengannya. Sang gadis sering melihat laki-laki itu bermain gitar di pinggir sungai (?) dan ia bahkan mengambil inisiatif untuk duduk bersamanya disana. Anak laki-laki itu sering menyanyikan satu lagu tapi hanya beberapa bait saja.
  • Paradise Kiss - tentang seorang gadis yang selaluu dituntut untuk mendapat nilai terbaik oleh ibunya, suatu hari secara tidak sengaja ia bertemu kelompok 'orang aneh' yang ternyata designer dari sebuah universitas seni. Ia dipaksa menjadi model mereka untuk festival karena sang designer sendiri merasa kalau si gadis adalah muse-nya.
  • Clover - kisah cinta seorang pegawai dan bos-nya yang kaku. Aku mencoba menonton movie ini karena Takei Emi.
  • Love Letter - seorang wanita baru kehilangan kekasihnya dan ia mengirim surat ke alamat rumah lama keluarga kekasihnya, ia terkejut karena beberapa hari kemudian ia menerima jawaban atas suratnya. Ia menemukan fakta bahwa wajahnya mirip dengan teman masa SMA kekasihnya  yang namanya sama dengan nama gadis itu. Kisah masa SMA dia Itsuki benar-benar bikin baper XD
  • Beyond the Memories / Kiyoku Yawaku - kisah antara pria dan wanita yang mempunyai luka dalam mengenai kisah cinta masa remaja mereka, dan mereka tak bisa melupakanya. Mereka dipertemukan dan mulai membuka hati satu sama lain, berharap mereka bisa mengibati luka hati masing-masing. Alasan aku menonton movie ini sebenarnya karena Furukawa Yuki lho HAHAHAHHA.
  • The Girl in Sunny Place / Hidamari no Kanojo - aku menonton movie ini karena Ueno Juri dan Matsumoto Jun. Menceritakan tentang dua teman masa SMP yang bertemu kembali saat mereka sudah memasuki dunia kerja. Sang gadis yang dulu dibully saat SMP sekarang bahkan lebih sukses darinya. Awalnya aku tidak tahu apa-apa tentag movie ini dan cukup kaget karena genre-nya berubah menjadi fantasy HAHAHHA.
  • Rainbow Song - dua orang yang berkenalan dan bertemu secara tidak sengaja, memulai hubungan dari stalker, berteman, membuat film bersama-sama, sampai akhirnya mereka bersahabat. Tapi sang gadis menyukai si pria meski si pria tidak menyadarinya, sampai akhirnya setelah sang gadis pergi meninggalkannya. Ini movie sangat unik, aku suka.
  • I Have to Buy New Shoes - kisah movie ini mengambil latar belakang kota Paris. Dimana seorang fotografer bersama adiknya pergi ke Paris untuk liburan dan adiknya meninggalkannya sendirian, kabur bersama taksi menuju rumah pacarnya. Sang pria yang tak tahu jalan kemudian bertemu dengan seorang wanita dan tak sengaja menginjak paspor si pria itu hingga rusak.
  • My Rainy Days - seorang siswa SMA yang menjual tubuhnya untuk mendapatkan uang dan mencari anak baru untuk dijadikan psk, jatuh cinta pada seorang dosen sejarah.
  • Yellow Elephant -  kisah cinta unik tentang seorang gadis yang bisa mendengar suara tumbuhan dan hewan, bertemu dengan seorang pria patah hati yang mengajaknya menikah dihari pertama mereka bertemu dan ia menerimanya, hanya karena mereka sama-sama menyukai bulan kuning dimalam pertama mereka bertemu.
  • Heavenly Forest / Tada Kimi wo Aishiteru - seorang pria yang punya penyakit kulit, sulit baginya mendekati orang lain karena salep obat yang ia gunakan bau. Ia bertemu dengan seorang gadis yang kesulitan menyeberang. Ia nyaman bersama gadis itu dan mereka mulai berteman. Keduanya menyukai fotografi dan punya tempat rahasia sendiri.
  • Hot Road - seorang gadis yang tidak diperhatikan ibunya karena ibunya sibuk dengan pacar barunya dan seorang pria yang keluar dari rumah, anggota geng motor yang akan menjadi pemimpin geng motor generasi berikutnya. Mereka berdua saling tertarik dan menemukan kenyamanan dalam hubungan mereka.
  • Only You Can Hear Me - kisah seorang gadis yang tidak pandai bersosialisasi dan kesulitan bicara didepan umum sehingga ia tak punya teman, suatu hari menerima telpon dari hp mainan milik adiknya. Ia bicara pada pria di telpon dan sering curhat dengannya. Dan ternyata si pria itu adalah pria bisu.
  • Forget me Not - seorang agdis tiba-tiba muncul di hadapannya dan mengajaknya berteman, sang gadis ternyata punya penyakit dimana ia orang akan melupakan dirinya setelah sehari. Sang pria berusaha terus untuk tidak melupakan sang gadis.
  • It All Began When I Met You - movie yang mengambil tema dibulan desember dimana kita melihat kisah banyak tokoh tentang kejadian sebelum malam natal. Ada banyak permasalahan dalam movie ini, jadi tidak hanya fokus pada 1 tokoh saja.
  • Oboreru Knife - seorang model amatir di sebuah majalah yang populer harus berhenti dari pekerjaannya karena keluarganya pindah ke sebuah desa. Ia kemudian tertarik dengan seorang pria berambut pirang yang merupakan anak penjaga desa mereka, karena mereka berdua sama sekali tidak takut untuk melewati batas masuk ke tempat terlarang di desa.
  • Tomorrow I Will Date With Yesterday You - mengisahkan pertemuan dua pasangan dimana sang pria jatuh cinta pada pandangan pertama dan sejak itu mereka semakin dekat. Tapi sang gadis menyimpan sebuah rahasia besar. Fans Fukushi Sota dan Komatsu Nana harus nonton nih.
  • The 100th Love with You - persahabatan dua sejoli sejak masa kecil mereka, mereka berdua menyukai musik dan membentuk sebuah band bersama 3 teman mereka. Di hari penampilan mereka, acara tidak berjalan dengan lancar. Si gadi menghilang dari tempat acara dan meninggal dunia. 
  • Kyou no Kira-kun -  awalnya aku low expectation banged sama movie ini, tapi ternyata sangat bagus. Menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang sakit jantung sejak kecil dan diprediksi akan meninggal 1 tahun lagi. Seorang gadis yang menyukainya, berjanji akan selalu berada disisinya sampai ia meninggal. Chemistry Taishi Nakagawa dan Marie Itoyo disini bagus banged!
  • Zenin Kataomoi - Sebuah movie yang berisi 7 kisah cinta pendek tentang mereka yang mengalami cinta sepihak. Tentu saja movie ini akan membuat baper karena hampir semua tokohnya patah hati. Tapi menarik lho.
  • Pieta in the Toilet - Sebenarnya dalam movie ini romancenya sedikit tapi cukup ngena sih menurutku, aku sempat baper pertengahan akhir movie ini, karena endingnya memang tidak biasa.
  • Our Meals For Tomorrow - Kisah teman masa SMA yang pacaran saat dibangku kuliah, hubungan mereka sangat lancar pada awalnya tapi berubah saat sang gadis tiba-tiba minta putus. Salah satu movie romance dimana ceweknya nggak awkward pada sang pria. Melihat mereka berdua benar-benar seperti orang pacaran lho.
  • Yuki no Hana - Kisah cinta seorang gadis yang tidak berumur panjang yang menginginkan pacar sebelum ia meninggal, akhirnya meminta seorang pria yang menolongnya untuk jadi pacarnya selama beberapa waktu saja.
  • Coffee ga Samenai Uchi ni - Kalau mau lihat Ito Kentaro jadi seorang ayah, maka wajib nonton movie ini. Movienya tentang misteri di sebuah cafe dimana ada bangku khusus yang kalau pelanggan duduk disana mereka bisa kembali ke masa lalu. Tapi kembali ke masa lalunya itu adalah tetap berada dalam cafe itu.
  • 50 First Kiss - Membuatmu jatuh cinta padaku setiap hari adalah tema yang diangkat dari movie ini. Tokoh utamanya hanya punya ingatan 24 jam, karena besok saat ia bangun ia akan melupakan segalanya. Butuh perjuangan yang berat bagi tokoh utama untuk membuat sang tokoh utama wanita jatuh cinta tiap hari padanya.
  • Kaze no Iro - Movie ini penuh misteri sebenarnya, harus nonton dengan fokus. Tokoh utamanya mencari tahu ingatannya yang hilang dan bertemu gadis yang dulu adalah pacarnya.
  • Marmalade Boy - Manga lama yang diangkat jadi live action, tentang dua teman satu sekolah yang orang tua mereka adalah cinta pertama satu sama lain memutuskan tinggal serumah, dua keluarga. Saat anak mereka jatuh cinta, anak mereka mengetahui rahasia kalau mereka adalah saudara kandung.
  • Color Me True - Kisah diambil dari masa lalu, tentang seorang pria yang bekerja di sebuah teater suatu hari menonton sebuah film lama dan tiba-tiba tokoh utama wanita di film itu muncul di dunia nyata. Aku sangat terharu saat menonton film ini, apalagi bagaimana perjuangan kedua tokoh yang terus bersama-sama sampai akhir hayat.
  • Ano Koro, Kimi o Oikaketa - Diangkat dari film China You Are The Apple of My Eye, jangan berharap endingnya bakalan berbeda, karena sama-sama nyesek. Tapi ending seperti itu memang sering kejadian di dunia nyata. Kisah cinta gadis pintar dan anak laki-laki nakal di sebuah sekolah, berakhir dengan hubungan yang lebih erat lagi, tapi pilihan sesaat mengubah semuanya.
    

Bagi yang menyukai 'Romantic-Comedy' movie:

  • Heroine Disqualified / No Longer Heroine - seorang gadis yang merasa dirinya heroine dalam kehidupan percintaannya, ia menyukai teman masa kecilnya, tapi harus menerima kenyataan temannya pacaran dengan gadis lain dan ia menyadari kalau ia hanya pemeran pembantu. Kemudian seorang siswa populer malah datang mendekatinya dan tertarik padanya. Yang bikin seru di movie ini adalah imajinasi si tokoh utama wanita HAHHAAHA.
  • High School Debut - Tentang seorang gadis yang ingin punya pacar dan akhirnya menemukan seseorang yang bisa mengajarinya untuk mendapatkan pacar, dengan syarat jangan jatuh cinta padanya. Tentu saja kalian tahu akhirnya bagaimana hahahhahahah.
  • Cyborg She - seorang pria yang kesepian dan seorang cyborg yang datang dari masa depan. Di movie ini, akting Hayase Haruka TOP banged, dia tanpa emosi dan lucu banged hehehhehe.
  • Lovely Complex / Love.Com - ini movie seru abis, bikin ngakak. Movie ini berkisah tentang gadis paling tinggi dikelas dan anak laki-laki paling pendek di kelas. Mereka sering adu mulut dan bertengkar, pada akhirnya mereka membuat taruhan siapa yang paling cepat mempunyai pacar.
  • Blindly in Love - kisah tentang seorang pria yang tidak punya niat menikah dan ingin hidup sendiri selamanya tapi orang tuanya memaksanya ikut perjodohan karena khawatir anaknya tidak pandai bersosialisasi. Ia dijodohkan dengan seorang gadis buta. Meski perjodohan berakhir dengan kekacauan, keduanya mencoba saling bertemu kembali setelah itu.
  • Himitsu no Akko-chan - seorang siswa SD yang ingin cepat dewasa, ia menemukan cermin yang bisa mengubahnya menjadi dewasa. Ia berkenalan dengan manajer dari perusahan kosmetik dan mulai bekerja disana.
  • Ranma Half - ini movie ada actionnya tapi banyak lucunya. Tentang seorang gadis yang sangat ahli beladiri yang dijodohkan ayahnya dengan seorang pemuda yang akan berubah menjadi wanita jika tersiram air. Mereka mencari sumber air yang bisa menghentikan kutukan itu.
  • April Fools - berbagai kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang wanita yang punya penyakit malu, seorang pria pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya.
  • Bittersweet - ini termasuk romcom tentang makanan, seorang gadis yang tertarik pada seorang pria dan memaksa tinggal bersama di rumah si pria yang ternyata seorang gay + si pria adalah vegeratian sementara sang gadis benci sayuran. 
  • Sensei Kunshu -  Movie ini berlatar sekolahan tapi lebih ke arah komedi yang bikin ngakak. Kisah cinta guru dan murid, tapi dijamin ini beda dari yang lain.

Bagi yang menyukai cerita kehidupan sehari-hari /slice-of-life movie:

  • A Story of Yonosuke - Menceritakan kehidupan sehari-hari Yokomichi Yonosuke, seorang mahasiswa baru dari pedesaan, pertemuannya dengan orang-orang yang berbeda dan mengubah kehidupan orang-orang tersebut.
  • Daily Live High School Boys - kisah pertemanan 3 siswa SMA khusus pria yang selalu penasaran akan wanita dan sekolah mereka yang heboh karena tahun ini festival sekolah mereka akan digabungkan dengan SMA wanita.
  • Twilight: Saya in Sasara - seorang ibu muda yang baru kehilangan suaminya dan menjadi ibu tunggal. Karena orang tua suaminya ingin mengambil anaknya, ia melarikan diri ke desa Sasara dan memulai kehidupan disana. Ia disambut dengan hangat di desa itu, meski kebanyakan awalnya para warga penasaran padanya. Arwah suaminya mengikutinya dan masuk ke tubuh orang-orang yang bisa melihatnya untuk bertemu kembali dengan Saya.
  • Kimi to Boku - kisah seorang mangaka dan kucing kesayangannya.
  • Our Little Sister / Umimachi Dairy - 3 kakak adik yang mendengar kabar kematian ayah mereka dan mereka mendapatkan seorang adik perempuan baru. Mereka mengajak sang adik untuk tinggal bersama mereka.
  • April Fools - berbagai kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang wanita yang punya penyakit malu, seorang pria pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya.
  • Usagi Drop - seorang pekerja kantoran yang kembali ke desa karena kakeknya meninggal dunia. Ia menemukan kalau kakeknya mempunyai anak berusia 5 tahun dan seluruh keluarga menolak merawatnya. Karena kasihan, ia bersedia merawat anak kecil itu.
  • Bakuman - mengisahkan kehidupan mangaka yang baru memulai serius untuk menulis manga dan bercita-cita untuk menulis manga bagi majalah bulanan shonen jump.
  • Kirishima Thing - menceritakan kehidupan sehari-hari di sebuah sekolah yang menganut sistem kasta dan menghilangnya seorang siswa bernama Kirishima yang mempengaruhi seluruh siswa disana kecuali klub penelitian film.
  • Still Walking - menceritakan tentang pasangan suami istri yang kembali ke rumah orang tua sang suami untuk mengenang kematian sang kakak. Hubungan sang suami dan ayahnya tidak baik. Movie ini berisi percapakan mereka di rumah, selama membuat makanan, makan malam dan pergi ke makam keesokan harinya.
  • Kiki's Delivery Service -  seorang penyihir muda yang harus meninggalkan desa penyihir untuk berlatih selama 1 tahun dan memilih kota dimana penyihir belum pernah singgah disana. Satu-satunya kemampuannya adalah tebang dengan sapu terbang dan ia mulai membuka bisnis delivery apa saja, dimana saja dan kapan saja.
  • Umi no Futa - seorang wanita yang bosan dan lelah dengan kehidupan di Tokyo, kembali ke kampung halamannya dan membuka kedai es serut. Ia bertemu dengan anak teman ibunya yang baru kehilangan nenek yang merawatnya.
  • Princess Jellyfish - kisah seorang gadis yang sangat menyukai ubur-ubur, ia tinggal di asrama yang isinya orang-orang dengan penampilan aneh dan memiliki ketertarikan dengan sesuatu yang aneh juga, intinya kepribadian mereka berbeda-beda dan mereka tertarik dengan sesuatu yang tidak biasa. Sang gadis membawa pulang seorang gadis, ia pikir sih begitu, ternyata dia pria yang suka berdandan seperti seorang pria. Kalau nggak salah mereka dari jurusan fashion designer dan akan melakukan fashionshow.
  • One Million Yen Girl - seorang gadis yang berusaha hidup mandiri dengan catatan kriminal dalam dirinya, ia hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain setelah ia mengumulkan 1 juta yen dari pekerjaan part-timenya.
  • Moriyamachu Driving School -  Pertemuan dua teman saat SMA di sebuah sekolah mengemudi bernama Moriyamachu. Kisah ini mengambil latar belakang musim panas selama mereka di sekolah mengemudi sampai mendapatkan SIM.
  • A Gentle Breeze in the Village - kehidupan sehari-hari pasa siswa disebuah sekolah dan setelah mereka pulang sekolah, disebuah desa terpencil.
  • Wood Job - kisah sehari-hari seorang pria yang awalnya memilih pekerjaan penebang kayu karena tertarik dengan gadis di poster, tapi ia bertahan menjadi penebang kayu yang sebenarnya. Kisah ini memperlihatkan kehidupannya selama setahun di desa di pegunungan yang jauh dari keramaian.  
  • The Woodsman and the Rain - kisah kehidupan sehari-hari seorang penebang kayu yang karena kebaikannya, ia membantu kru film yang syuting di desa mereka dan akhirnya terlibat di dalamnya. Persahabatan unik antara penebang kayu dan sutradara film. Ini movie dibintangi Shun Oguri, wajib ditonton!
  • Sweet Bean - tentang pertemuan 3 orang asing yang mampu mengubah kehidupan masing-masing. Seperti judulnya, ini movie tentang selai kacang merah yang menjadi awal mula kisah ini.
  • Always Sunset on Third Street 1,2,3 - mengambil latahr tahun 50an,seorang gadis berangkat dari desa untuk bekerja di Tokyo. Ia dirawat oleh keluarga bosnya dan bergaul dengan baik bersama para tetangga. Kisah dengan rasa-rasa asadora. 
  • Silver Spoon - Kisah kehidupan sehari-sehari seorang siswa sekolah pertanian yang tinggal dipedesaan. Awalnya dia masuk sekolah itu hanya untuk melarikan diri tapi kemudian ia jadi menyukai pertanian dan peternakan. 
  • Nise-Koi - Udah nonton animenya? Movienya nggak kalah lucu lho. Kisah cinta anak laki-laki dan anak perempuan dari dua klan yakuza yang bermusuhan.

Movie yang bikin ngakak alias comedy movie dengan sedikit romance di dalamnya:

  • 700 Days of Battle: Us vs the Police - ini movie bikin ngakak tentang geng anak muda yang bertanding dengan polisi. Ini wajib sih ditonton hahahahhhaha.
  • April Fools - berbagai kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang wanita yang punya penyakit malu, seorang pria pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya. Ini movie juga ada komedianya dan sebenarnya sederhana, tapi ngakak berat.
  • Daily Live High School Boys - kisah 3 sahabat dan para siswa laki-laki sukses membuat tertawa, karena ini seperti mereka pertama kali melihat wanita LOL.
  • Wood Job - kisah tentang seorang pria yang gagal masuk universitas dan tidak mau menghabiskan satu tahun belajar untuk persiapan ujian, ia memutuskan bekerja dibidang kehutanan karena jatuh cinta pada gadis di poster. Ia tipe yang tidak serius dan lemah, bahkan berkali-kali ingin kabur dari pelatihan. Tapi seiring berlalunya waktu, ia menjadi salah satu dari 3 orang yang bertahan sepanjang 1 tahun pelatihan kehutanan itu.
  • What A Wonderful Family - sebuah keluarga besar yang terlihat sangat akrab dari luar, tiba-tiba saat ulang tahun sang istri, sang istri meminta hadiah sebuah perceraian dari suaminya.
  • Princess Jellyfish - ini movie cukup bikin aku ngakak karena ulah para tokoh utama yang tinggal di rumah yang sama.
  • The Woodsman and the Rain - dijamin ngakak abis nonton movie ini. Di movie ini nggak ada romacenya tapi seru banged, persahabatan tiba-tiba penebang kayu dan kru film. 
  • Moriyamachu Driving School - ini film romancenya sedikit dan banyak komedinya, sebenarnya sederhana sih tapi entah kenapa aku ketawa-ketawa nonton movienya. 
  • Tokyo Family - kisah slice of life pasangan tua di Tokyo saat mereka mengunjungi anak-anak mereka yang tinggal di Tokyo. Bertemu cucu setelah 10 tahun, bergiliran menginap di rumah mereka dan menyelesaikan perselisihan antara ayah dan anak. 
  • Tori Girl - Ini movie dijamin akan bikin kamu ngakak 100%, akting para pemerannya dan komedi yang disuguhkan benar-benar bisa membuat keselek kalau lagi makan saat menonton drama ini. Ditambah dengan seikit kisah cinta yang menarik. 
  • Oppai Volleyball - Movienya lumayan bikin ngakak karena ulah 5 siswa yang terobsesi pada oppai (buah dada). Tapi movie ini juga cukup menyentuh.


Bagi yang menyukai movie yang bikin baper, sedih, dan membuat kamu menangis tersedu-sedu

  • Sky of Love / Koizora -  Kisah cinta dua sejoli yang berkenalan secara tidak sengaja, saling mencitntai satu sama lain tapi berakhir dengan tragedi dan perpisahan yang panjang, tapi pada akhirnya mereka dipersatukan kembali.
  • I Give My First Love to You - tentang seorang pria yang mempunyai gangguan penyakit jantung sejak kecil, ia berjanji akan menikahi anak gadis dokter yang merawatnya. Mereka berjanji terus bersama sampai maut memisahkan.
  • Crying 100 Times: Every Raindrop Falls - menceritakan tentang seorang pria yang mengalami kecelakaan motor dan kehilangan sebagian ingatannya. Ia bertemu dengan seorang gadis dan gadis itu menyukainya, terus mendekatinya dan ingin pacaran dengannya. Pada akhirnya setelah mereka pacaran, sang gadis menghilang dan perlahan ingatan si pria kembali.
  • Be with You - kisah cinta mengharukan antara seorang ayah dan istrinya. Setelah istrinya meninggalkannya dan anaknya, ia bertemu kembali dengan seorang wanita yang mirip dengan almarhum istrinya.
  • Tears for You / Nada So So - kisah perjuangan seorang kakak laki-laki untuk adik perempuannya, meskipun mereka bukan saudara kandung. Sang kakak sangat mencintai sang adik dan selalu ingin yang terbaik bagi adiknya. Tapi sang adik kasihan melihat kakaknya bekerja banting tulang setiap hari dan memutuskan meninggalkan rumah setelah ia diterima di universitas, agar sang kakak tidak mengkhawatirkan biaya hidupnya lagi. Hati-hati ini movie bikin baper akut.
  • Heavenly Forest / Tada Kimi wo Aishiteru  - Aku sudah memasukkan movie ini di kategori lain, tapi movie ini juga akan membuat kamu menangis tersedu-sedu di akhir T_T
  • If Cats Dissapear From This World - seorang pria yang menemukan kalau ia akan segera meninggal dunia dan devil yang datang memperpanjang usianya dengan balasan sesuatu dari rumah itu harus hilang dari dunia. Hal ini membawanya kembali ke kenangan masa lalunya, kenangan tentang kekasihnya, temannya, ibunya, ayahnya dan kucing kesayangan mereka.
  • April Fools - aku sudah memasukkan ini di tag comedy movie, tapi sebenarnya ini juga mengandung unsur kisah yang sedih didalamnya, lebih tepatnya mengharukan kali ya, hiks.
  • My Little Sweet Pea - seorag gadis yang kembali ke kampung halaman ibunya untuk mengubur abu ibunya dan disana ia mendengar kisah masa lalu ibunya.
  • Crybaby Pierrot's Wedding - seorang gadis yang punya impian membuat orang lain tertawa dan ia bekerja sebagai badut, bertemu dan jatuh cinta pada seorang pasien dialisis yang tidak pernah tersenyum.
  • Little DJ - seorang anak SMP yang menyukai baseball karena ayahnya menyukai baseball tiba-tiba didiagnosis menderita leukimia. Ia menghabiskan hari di rumah sakit dan menjadi DJ radio khusus rumah sakit itu.
  • Itazura na Kiss The Movie - kayaknya ini udah pada tau ceritanya tentang apa, paling banyak di buat remakenya, tentang gadis bodoh yang jatuh cinta pada pria paling pintar di sekolahnya, ditolak dalam 1 detik dan ia berakhir tinggal di rumah sang pria idaman itu.
  • Crying Out Love in the Center of the World - kisah pertemuan dua sejoli di masa SMA mereka dimana sang gadis didiagnosis menderita leukimia dan bagaimana ia tidak mau dilupakan oleh kekasihnya. Setelah kekasihnya meninggal, si pria tetap tidak bisa melupakannya bahkan sampai ia bertunangan. 
  • Sweet Beans - inti dari movie ini adalah orang asing yang tiba-tiba datang dalam kehidupan dan mampu mengubah cara berfikir kita, ditambah dengan bagaimana cara kita menghadapi orang yang mempunyai sebuah penyakit dan diasingkan seumur hidupnya. Sebuah movie sederhana yang mampu menyentuh hati setiap penontonnya.
  • Always Sunset on Third Street 1,2,3 - siapin tissu ini sedihnya lebih ke arah keluarga, dimana orang-orang yang tidak punya hubungan menghabiskan waktu bersama dan menjadi keluarga. Movienya sendiri ada 3 season. Maki Horikita disini manis banged XD
  • Tomorrow I Will Date With Yesterday You - ini movie mengambil tema takdir terpahit antara pasangan. Aku yakin kalian akan pusing saat pertama kali nonton movie ini, nggak fokus sama sekali. Jadi sebaiknya nonton lebih dari 2 kali.
  • The 100th Love with You - intinya seberapa keras kamu berusaha, kamu nggak akan bisa mengubah masa lalu.Sakaguchi Kentaro berusaha mengubah masa lalu mengenai kematian sang kekasih, Miwa.
  • Her Love Boils Waterbath - cinta seorang ibu pada anaknya memang tiada duanya. Bahkan pada orang asing yang baru ia temui. Ini movie keren, siapin tissu. Aku menonton movie ini sebenarnya cuma karena Hana Sugisaki main disini, nggak nyangka baguuuuuuuus banged.
  • Zenin Kataomoi - movie ini berisi 8 kisah cinta tak terbalas yang berbeda dan tidak saling berhubungan. Siap-siap patah hati.
  • Tokyo Family - movie tentang keluarga selalu akan membuat kita banjir air mata, aku benar-benar menyukai movie ini dan membuat kita merenung apakah kita pernah melakukan hal seperti itu pada orang tua kita.
  • I Want to Eat Your Pancreas -  Judulnya memang agak aneg, tapi ternyata ini movie sangat indah dan tentu saja akan menguras air mata. Kisahnya tentang seorang gadis yang punya penyakit pankreas dan berteman dengan seorang anak laki-laki yang tahu akan rahasianya itu.
  • Pieta in the Toilet - Kisah seorang penderita kanker yang disajikan secara berbeda dna dijamin akan membuat kamu menangis tersedu-sedu. Ini movie menurutku unik, beda dari movie tema kanker lainnya. 
  • 8-nen Goshi no Hanayome - Ini adalah kisah nyata tentag dua sejoli yang bertemu saat kencan buta, merasa saling cocok mereka mulai menjalin hubungan dan akan segera menikah. Tapi nggak lama sebelum pernikahan sang wanita jatuh koma karena sebuah penyakit. Sang pria setia menemaninya selama bertahun-tahun bahkan saat orang tua sang wanita meminta pria itu melupakan anak mereka karena kemungkinan anak mereka bangun dari koma sangat kecil. Saat sang wanita akhirnya terbangun dari koma, ia tidak ingat siapa pria itu. Pokoknya kisah cinta mereka mulai dari awal lagi. Pria itu benar-benar setia disamping sang wanita, bikin terharu deh.

Bagi yang menyukai movie tentang perjuangan sang tokoh utama:

  • Miracle Apples - Menceritakan perjuangan seorang petani apel yang memulai bertani dengan cara organik demi istrinya yang sakit-sakitan karena alergi pestisida, sementara saat itu belum ada lahan pertanian organik di daerahnya sama sekali.
  • Flying Colors -  kisah tentang seorang gadis yang cukup nakal di sekolah, ia mewarnai rambutnya menjadi pirang, ia mendapat nilai rendah dan suka hura-hura. Suatu hari ia membuat keputusan untuk masuk ke Universitas Tokyo karena permasalah keluarganya. Ia berjuang selama 1 tahun untuk masuk ke universitas Tokyo.
  • The Eternal Zero / Eien no Zero - Mengambil latar perang dunia II, salah satu prajurit perang yang harus meninggalkan istrinya untuk berperang.
  • Little DJ - seorang anak SMP yang menyukai baseball karena ayahnya menyukai baseball tiba-tiba didiagnosis menderita leukimia. Ia menghabiskan hari di rumah sakit dan menjadi DJ radio khusus rumah sakit itu.
  • The Great Passage - perjuangan para pembuat kamus dalam menciptakan sebuah kamus baru. Kisah yang menyentuh dan menghangatkan hati, membuat kita berfikir untuk lebih menghargai kamus dan buku-buku.
  • Oshin - perjuangan seorang gadis dari keluarga miskin yang harus menjadi pembantu di usianya yang masih kecil, menghadapi majikannya yang memperlakukannya tidak baik. Tapi ia tidak menyerah, ia berjuang untuk hidupnya dan perlahan-lahan ia belajar membaca dan menulis. Movie ini diangkat dari kisah nyata yang pernah dijadikan drama tv oleh NHK.
  • Moshidora - perjuangan tim baseball sebuah sekolah yang tidak punya rasa percaya diri untuk menang dalam pertandingan karena mereka tim yang lemah.
  • Wood Job - kisah perjuangan seorang pria biasa-biasa saja yang tiba-tiba harus bekerja sebagai penebang kayu dan tinggal 1 tahun di sebuah desa terpencil di gunung.
  • Sweet Beans -  Perjuangan sang tokoh utama kita, seorang pria agak menyeramkan membuka bisnis dorayaki, seorang gadis SMP biasa yang ingin melanjutkan SMA, seorang nenek yang ingin menjalani kehidupan normal.
  • The Woodsman and The Rain - perjuangan seorang tukang kayu yang menjadi tim produksi sebuah film.
  • Chihayafuru Part 1 dan Part 2 - tentang 3 sahabat sejak kecil yang suka bermain karuta tapi satu diantara mereka berpisah, sang gadis tidak menyerah dan berusaha untuk bermain karuta sendirian dan ia mengumpulkan teman-teman di SMA untuk bermain bersamanya membentuk tim.
  • Silver Spoon - perjuangan para siswa di SMA pertanian, demi impian mereka. 
  • Let's Go Jets -  perjuangan seorang gadis dan tim cheerdance-nya untuk meraih juara dunia. Mereka mendapat banyak kesilitan seperti berkurangnya anggota, guru mereka yang melatih dengan sangat kejam, klub hampir dibubarkan dan sang gadis yang kesulitan untuk berkembang. Disisip dengan kisah cinta sederhana antara Hirose Suzu dan Mackenyu Arata.
  • Haruchika / Bring on The Melody - perjuangan seorang gadis disebuah klub musik instrumental untuk bisa menyusul teman-temannya, karena perkembangannya sangatlah lambat.
  • Somebody / Nanimono - kisah para fresh-graduate dalam mencari pekerjaan. Movie ini bintangnya keren-keren, ada Takeru Satoh, Kasumi Arimura, Suda MAsaki, Fumi Nikaido, Masaki Okada dll.
  • March Comes in Like A Lion 1&2 - Kisah seorang pemain shogi profesional berbakat yang tidak disukai oleh orang disekitarnya dan selalu sendirian, suatu hari bertemu dengan sebuah keluarga yang sangat baik padanya.
  • Oppai Volleyball - perjuangan seorang guru muda membangkitkan kembali klub bola voli disekolahnya, meski anggota klub mengharapkan sesuatu baginya. Guru ini mengalami trauma masa lalu tapi ia tetap ingin menjadi seorang guru, dia dulunya anak nakal tapi berkat gurunya ia menemukan impiannya.
  • HIBIKI - Kisah movie ini tentang seorang novelist jenius yang mengubah kehidupan orang-orang disekitarnya melalui karya yang ia buat.

Bagi yang menyukai movie tentang pencarian jati diri:

  • One Million Yen Girl - pencarian jati diri seorang gadis yang baru saja keluar dari penjara dan berjuang dengan catatan kriminal dalam dirinya. Ia berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 
  • Wood Job - seorang anak yang gagal masuk universitas tertarik bekerja di hutan karena gadis poster sangat cantik. Ia terlihat lemah pemalas dan tidak serius tapi ia berhasil menemukan apa yang ingin ia lakukan selanjutnya. 
  • Maestro - seorang pemain biola pro sebuah orkestra yang selalu ditolak oleh orkestra lain padahal orkestra mereka sudah dibubarkan. Ia kemudian bergabung dengan anggota  orkestra lamanya yang sudah tua dan tak punya cukup bakat, karena permintaan seseorang dan mulai bermain musik bersama-sama. 
  • Little Forest Summer, Autumn, Winter, Spring - seorang gadis yang kembali ke kampung halamannya di desa karena ia trauma dengan kehidupan kota. Ia tinggal sendirina, bertani, mengurus sawah, memasak dan lain sebagainya sambil mengingat ibunya dan ia melawan pertarungan dalam dirinya sendiri. 
  • Moriyamachu Driving School - seorang mahasiswa yang ingin berkeliling untuk menjadi penulis dan seorang yakuza yang masih ragu apakah ia harus berhenti atau tidak, bertemu secara tidak sengaja dan sama-sama mengambil les mengemudi di sebuah sekolah mengemudi. Mereka adalah mantan teman SMA. 
  • The Woodsman and the Rain - seorang penebang kayu yang menjalani kehidupan sama setiap hari dan sutradara yang tidak bersemangat, tidak percaya diri dan ingin kabur dari sebuah tim produksi  film. 
  • Sweet Beans - pencarian jati diri seorang pria yang tidak menyukai makanan manis tapi terpaksa membuka bisnis dorayaki. Ia menjalani kehidupan dengan pencarian untuk apa ia hidup selanjutnya.
  • Departures - seorang pemain cello dari orkestra pro yang kembali ke kampung halamannya dan memulai kehidupan baru dimana ia bekerja sebagai pengurus jenazah. Ini film keren banged!
  • Silver Spoon - pencarian jati diri seorang siswa dari sekolah ternama yang memutuskan melanjutkan ke SMA pertanian karena SMA itu ada asramanya. Ia masuk kesana untuk melarikan diri dari tuntutan ayahnya akan prestasinya. 
  • Somebody/Nanimono -  aku rasa movie ini juga termasuk pencarian jati diri seorang pencari kerja.
  • Koi wa Ameagari no You ni - Seorang gadis SMA yang jatuh cinta pada manager di tempat ia kerja sambilan. Gadis itu sedang mengalami masa sulit karena cidera kakinya, padahal dia andalan klub lari di sekolahnya. Aku bersyukur karena live actionnya nggak separah manga/animenya.
  • Tremble All You Want - Seorang gadis penyendiri yang suka berkhayal dan menyadari apa yang terjadi padanya selama ini hanya khayalannya semata.
  • Shino-chan wa Jibun no Namae ga Ienai - Seorang gadis yang tidak bisa berbicara dengan baik, suatu hari bertemu dengan teman sekelasnya yang menerima kekurangannya itu. Sebuah movie indah antara teman sekelas, nggak bisa dibilang persahabatan juga sih karena endingnya begitu.

Bagi yang menyukai movie yang berlatar belakang kehidupan pedesaan / movie dengan pemandangan yang indah:


  • A Gentle Breeze at the Village - Tentang para siswa di sebuah pedesaan, dimana sekolah mereka SMA, SMP dan SD bergabung dan ada seorang siswa pindahan baru disana.
  • Little Forest Summer & Autumn dan Winter & Spring - Tentang kehidupan seorang gadis di sebuah desa yang jauh dari keramaian, bertani, bercocok tanam, memasak dan lain sebagainya.
  • Miracle Apples - Menceritakan perjuangan seorang petani apel yang memulai bertani dengan cara organik demi istrinya yang sakit-sakitan karena alergi pestisida, sementara saat itu belum ada lahan pertanian organik di daerahnya sama sekali.
  • Wood Job - kisah tentang seorang pria yang gagal masuk universitas dan tidak mau menghabiskan satu tahun belajar untuk persiapan ujian, ia memutuskan bekerja dibidang kehutanan karena jatuh cinta pada gadis di poster. Ia tipe yang tidak serius dan lemah, bahkan berkali-kali ingin kabur dari pelatihan. Tapi seiring berlalunya waktu, ia menjadi salah satu dari 3 orang yang bertahan sepanjang 1 tahun pelatihan kehutanan itu.
  • Yellow Elephant - mengambil latar di pedesaan, tentang pasangan suami istri yang baru menikah dan pindah ke desa.
  • I Have to Buy New Shoes - mengambil latar belakang cerita di kota Paris. Pastinya indah donk ya^^
  • Oboreru Knife - mengambil lokasi di pedesaan tepi pantai yang sangat memanjakan mata, dan lagi cara pengambilan gambarnya sangat menarik. Menceritakan seorang model cantik yang pindah ke desa karena orang tuanya dan bertemu seorang pria pirang di tempat terlarang di desa.
  • Heavenly Forest - lokasi syuting di hutannya sangat indah, aku menyukai tempat rahasia OTP di movie ini. 
  • The Woodsman and The Rain - Mengambil lokasi syuting di pedesaan, hutan, sungai, padang rumput, pokoknya pemandangannya menyejukkan hati.
  • Silver Spoon - pemandangan pedesaan dan peternakan sangat kental disini karena temanya sendiri tentang SMA pertanian.  
  • Zenin, Kataomoi - dalam movie ini ada 7 cerita dan beberapa diantaranya mengambil lokasi syuting di pedesaan dengan pemandangan yang indah.
  • Ao Natsu - Movie ini pantas dimasukkan dalam kategori ini, meski sebenarnya kisahnya adalah kisah cinta anak SMA. Aku memasukkannya kesini karena pemandangan musim panas pedesaannya mantap banged disini. Aura musim panasnya terasa banged, mulai dari pakaiannya, pemandangan alamnya juga. Yang penting happy endingnya juga hHAHAHAHA.


Bagi yang menyukai movie dengan tema musik yang memanjakan telinga:

  • Control Tower - menceritakan tentang dua anak muda, seorang anak laki-laki yang merasa kehidupannya membosankan dan seorang gadis yang bersemangat untuk melakukan sesuatu. Keduanya menyukai musik dan mulai menciptakan lagu.
  • Solanin - tentang seorang gadis yang kehilangan kekasihnya dan menyembuhkan rasa kehilangannya dengan bermain musik.
  • Swing Girls - para siswa kelas tambahan di musim panas yang tiba-tiba harus menjadi anggota brass band sekolah dan pada akhirnya mereka membuat kelompok brass band sendiri karena mereka menyukai musik jazz.
  • Yell for the Blue Sky / Aozora Yell - tentang dua sejoli yang berjanji akan saling mendukung di koushien, dimana salah satunya adalah pemain baseball dan salah satunya akan masuk ke kelompok brass band sekolah.
  • Midnight Sun / Taiyou no Uta - kisah cinta antara seorang gadis yang punya penyakit alergi matahari, jadi malam adalah siang baginya dan seorang anak laki-laki dimana si gadis sering diam-diam mengintip anak itu dari rumahnya. Sang gadis menyukai musik.
  • The Liar and His Lover - tentang seorang pria yang trauma dengan dunia entertaiment yang bertemu dengan seorang gadis yang sangat menyukai musik dan punya impian suatu hari ia bisa rekaman bersama band-nya.
  • Have a Song on Your Lips - seorang pemain piano yang kembali ke kampung halamannya karena ia tak bisa bermain piano lagi, menjadi guru sebuah paduan suara sekolah dan menghadapi berbagai permasalahan para siswanya yang tetap ingin menyanyi meski mengalami kehidupan yang sulit.
  • Linda Linda Linda -  sebuah kelompok band sekolah yang akan melakukan pertunjukan 3 hari lagi di festival sekolah, tapi mereka tidak punya vocalist dan secara random memilih siswi pertukaran pelajar dari Korea untuk menjadi vocalist mereka.
  • Sing Salmon Sing!! - seorang gadis yang sangat suka menyanyi, ia berfikir ia kelihatan anggun saat menyanyi. Tapi suatu hari pria yang ia sukai mengatakan ia seperti salmon yang sedang bertelur saat sedang menyanyi dan ia kehilangan rasa percaya dirinya.
  • Maestro - yang suka musik klasik, ini cocok banged. Alunan musik klasik disebuah orkestra memanjakan telinga. 
  • Your Lie in April - dengan tema musik klasik, seorang gadis yang pemain biola dan anak laki-laki pemain piano, menciptakan kenangan mereka sendiri. 
  • The 100th Love with You - Ada banyak lagu-lagu bagus disini karena temanya tentang sebuah kelompok band. Apalgi suara Miwa yang merdu, adem. 
  • Haruchika / Bring on The Melody -  mengambil kisah mengenai sebuah klub musik instrumental yang sudah bubar, seorang gadis yang menyukai musik mencoba menghidupkan klub kembali bersama teman masa kecilnya.
  • Kokoro ga Sakebitagatterunda - Sebenarnya ini movie bukan tentang musik, tapi pertunjukan musikal gitu, musiknya indah banged, terutama scene terakhirnya. Tema movienya juga menarik, tentang kata-kata yang bisa melukai hati orang lain.


Bagi kamu yang menyukai movie tentang 'friendship/persahabatan' :

  • Orange - ini movie rasa persahabatannya cukup kental, karena tema utamanya adalah menyelamatkan teman mereka yang akan meninggal.
  • Hana and Alice - mengisahkan persahabatan Hana dan Alice, kehidupan mereka di sekolah, di tempat les balet mereka dan juga masalah percintaan mereka. Masalah cinta mereka lucu, Hana menyukai seorang pria yang mengalami amnesia dan mengatakan kalau ia adalah pacarnya.Untuk membuat pria itu makin yakin, ia meminta Alice berbohong, menjadi mantan pacar si pria itu. Tapi siapa sangka si pria malah jatuh cinta pada Alice.
  • Control Tower - ini movie juga tentang persahabatan. Aku malah merasa sepertinya dua tokoh utama saling menyukai lebih ke arah persahabatan dari pada cinta.
  • A Gentle Breeze at the Village - persahabatan dari berbagai golongan usia, dari anak SD, SMP dan SMA
  • Daily Live High School Boys - kisah pertemanan 3 siswa SMA khusus pria yang selalu penasaran akan wanita dan sekolah mereka yang heboh karena tahun ini festival sekolah mereka akan digabungkan dengan SMA wanita.
  • Chihayafuru - mengambil latar belakang permainan karuta sebagai tema utamanya. Seorang gadis yang berusaha menghidupkan klub karuta di sekolahnya, demi janjinya pada sahabatnya yang berpisah dengannya saat masih SD.
  • Honey and Clover - kisah persahabatan para mahasiswa seni dari angkatan yang berbeda. Tentang impian, masa depan dan kisah cinta yang menyentuh hati. Kalau di versi animenya sih aku bilang romance paling menyakitkan karena semua tokoh patah hati HAHAHHAHAHHA.
  • Enoshima Prism - menonton ini karena Shunei Nomura dan Fukushi Sota. Menceritakan tentang 3 sahabat sejak SMA dan salah satu dari mereka meninggal dunia dan mengubah semuanya. Ia mendapat kesempatan kembali ke masa lalu untuk mengubah masa depannya dan menemukan fakta bahwa ingatan tentang dirinya akan terhapus jika ia mengubah masa lalu.
  • Moriyamachu Driving School - persahabatan dua teman SMA yang hanya pernah ngobrol sekali dan bertemu lagi beberapa tahun kemudian dan sama-sama mengambil les mengemudi. 
  • The Woodsman and the Rain - persahabatan unik seorang penebang kayu yang tertarik dengan cerita film dimana kru film sedang syuting di desa mereka dan seorang sutradara film yang tidak percaya diri, lemah, terabaikan dan ingin kabur dari pembuatan film tersebut. 
  • Haruchika / Bring on The Melody - persahabatan antara teman masa kecil dan anggota klub musik instrumental.
  • The 100th Love With You - persahabatan antara teman masa kecil dan teman satu universitas yang membentuk sebuah band.
  • ReLIFE - persahabatan antara seorang pria yang diberi kesempatan mengulang masa SMA-nya dan teman-teman sekelasnya.
  • Let's Go Jets - persahabatan para anggota klub cheerdance.
  • One Week Friends - movie ini tentang bagaimana menjadi teman, seorang pria yang terus berusaha menjadi teman seorang gadis yang selalu menolak menjadi temannya.
  • Girls Step -  Kisah 5 siswa yang bermasalah disekolah dan dipersatukan dalam tim dance. Awalnya mereka melakukannya hanya untuk mendapatkan nilai, tapi kemudian mereka menyadari kalau mereka sangat menyukai dance.
  • Sunny - Diangkat dari movie Korea berjudul sama, kisahnya juga mirip, cuma beda jumlah geng aja. Aku seperti biasa lebih suka bagian anak SMA-nya, apalagi disini ada Suzu dan... Haruma Miura HHAHAAHA.
  • Nijiiro Days - Persahabatan 4 orang anak SMA dan kisah cinta mereka yang berbeda. Mereka saling membantu kisah cinta teman mereka. Dari pada pasangan utama, aku lebih suka sama kisah cinta Nakagawa Taishi, yang disini ceritanya dia adalah playboy yang tertarik pada seorang gadis teman dari cewek yang disukai tokoh utama.
  • Sakamichi no Apollon - Persahabatan 3 orang yang tinggal di daerah yang sama. Mereka bertiga sama-sama menyukai musik jazz. Kisah cinta terselip diantara keseharian mereka, bisa dibilang sih ketiganya sama-sama patah hati gitu HAHAHHAHA.


Bagi kamu yang menyukai movie tentang makanan:

  • Evergreen Love - kisah tentang seorang gadis yang hidup sendiri dan menampung seorang pria yang baru ia kenal dan tidak punya rumah. Si pria menyukai tanaman dan pandai memasak. Karena sang gadis memintanya tinggal di rumahnya, si pria setuju, tapi hanya 6 bulan saja.
  • Little Forest Summer & Autumn dan Winter & Spring - Tentang kehidupan seorang gadis di sebuah desa yang jauh dari keramaian, bertani, bercocok tanam, memasak dan lain sebagainya.
  • Bittersweet - Tokoh utama di movie ini adalah vegetarian dan gay, sementara sang gadis memaksa tinggal dirumah pria itu dengan syarat kalau si gadis harus makan semua makanan yang ia masak. si gadis sangat membenci sayuran tapi jika pria itu yg masak, ia jadi menyukainya. 
  • Sweet Beans -  yang suka dorayaki dan selai kacang merahnya, ayo nonton ini^^ 
  • Zenin, Kataomoi - ada 8 kisah dalam movie ini dan kisah Asahan no Yuge makanannya bikin lapeeeeeeeer.


Bagi yang menyukai movie mistery/crime/fantasy/action :

  • Time Traveller - tentang seorang gadis yang bisa kembali ke masa lalu / menjelajahi waktu. Aku menonton movie ini karena aku suka animenya, ternyata movienya berbeda dengan animenya. Kalau di versi movie sang gadis seperti ingin menemukan sesuatu di masa lalu.
  • Death Note - kisah tentang pemilik buku kematian yang awalnya hanya ingin memberi pelajaran pada kriminal jahat tapi kemudian keserakahan membuatnya ingin menguasai dunia.
  • Rurouni Kenshin - Kenshin Himura, seorang pembunuh berdarah dingin yang sudah pensiun dan tidak ingin membunuh lagi. Ia berkelana dengan pedang tumpulnya, tapi orang-orang mengenalinya karena luka di wajahnya yang terkenal. IA harus menghadapi musuh-musuhnya yang ingin balas dendam. Dan perjalannya membawanya berkenalan dengan Kaori, seorang gadis pemilik dojo.
  • Boku Dake Ga Inai Machi - seorang pria dituduh membunuh ibunya sendiri, tiba-tiba kembali ke masa lalu, masuk ke tubuh dirinya yang berusia 10 tahun. Ia mulai mengungkap masalah salah satu teman sekelasnya yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.
  • Crows Explode - bagi yang suka movie action nih. Aku menonton karena Higashide MAsahiro sih, meski aku kurang ngerti juga ini movie tentang apa. Tapi keren juga ada sekolah SMA kayak gitu HAHHAHAH.
  • Detective Conan Live Action Movie - Bagi yang suka movie detective, aku rasa kalian harus mencobanya. Tentu saja yang suka anime/manga detective conan, tidak ada salahnya mencoba melihat live actionnya.
  • Ranma Half - ini movie ada actionnya tapi banyak lucunya. Tentang seorang gadis yang sangat ahli beladiri yang dijodohkan ayahnya dengan seorang pemuda yang akan berubah menjadi wanita jika tersiram air. Mereka mencari sumber air yang bisa menghentikan kutukan itu.
  • Oboreru Knife - sebenarnya ini ga bisa dibilang masuk ke genre ini sih, tapi bagi aku sendiri ini movie penuh misteri, hahahahaahahah
  • Ikari / Rage - sebuah pembunuhan keji terjadi di sebuah rumah dan pelakunya berhasil melarikan diri, setahun kemudian 3 orang asing mirip pelaku muncul di tiga tempat berbeda di Jepang. Tapi inti movie ini sebenarnya adalah bagaimana orang-orang menghadapi orang asing yang muncul di lingkungan mereka.
  • Sandome no Satsujin - Aku menonton movie ini demi Hirose Suzu. Sebuah movie khas Koreeda Hirokazu yang banyak percakapannya tapi penuh dengan arti. Tentang seorang pengacara yang berusaha meringankan hukuman seorang pembunuh, tapi ia menemukan fakta lain saat menyelidiki kasus tersebut kembali.
  • Kasane - Suspense movie tentang dua orang gadis yang bisa bertukar jiwa melalui ciuman menggunakan lipstik misterius.
  • Kingdom - Ini adalah film action yang sebenarnya deretan castnya aja udah bikin pengen nonton, ada Yamaken, Oryo, Hashimoto Kanna, Nagasawa Masami dll.
  • Sumaho o Otoshita dake Nanoni - ini juga suspense sih menurutku, tentang bahayanya saat kamu kehilangan ponselmu dan jatuh ke tangan yang salah.


10 J-Movie untuk pemula (Newbie) pilihan admin:
  • Kimi ni Todoke
  • Wood Job
  • Evergreen Love
  • Orange
  • The Liar and His Lover
  • I Give My First Love To You
  • Heavenly Forest
  • Swing Girls
  • Paradise Kiss
  • Usagi Drop

Sepertinyang kalian ketahui, aku tidak terlalu menyukai genre movie yang berat, horror, yang berdarah-darah, haahahaha, karena itu harap dimaklumi :')
Kalau ada rekomendasi kategori, bisa direkomendasikan^^

Share:

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts